Saturday 24 September 2011

coretan pertama tentang pengalaman pertama


Pertama, ya kata itu selalu menarik untuk dibahas lebih lanjut sehingga akan berkembang menjadi kedua ketiga keempat lalu seterusnya sampai ada kata cukup atau bosan yang kan menjadi akhirnya.
Ada sisi menarik yang ingin ditelusuri lebih jauh dari kata pertama, karena pertama itulah sesuatu terjadi, karena pertama itulah banyak hal yang baru diketahui kenapa bisa terjadi, kenapa harus terjadi, dampak apa yang akan diakibatkan, efek baik atau efek buruk yang akan muncul setelah semuanya berjalan sebagai yang pertama, ya sebagai pengalaman yang belum pernah terjadi sebelumnya. Akan banyak kejadian atau pun pelajaran yang bisa di ambil dari kata “pertama” itu. Tapi justru kadang kata pertama menjadi kurang baik jika di kaitkan dengan hasil yang akan diperoleh, karena banyak hal yang belum diketahui agar bisa berjalan dengam baik dan akan diketahui setelah melewat fase pertama itu. Pasti masih ada kekurangan, masih ada keraguan, masih ada ketidakpuasan, atau bahkan rasa kapok setelah mencoba yang pertama itu. Itu semua tergantung dari perspektif mana kita memandang, tergantung dari tujuan apa kita melakukan dan dengan niat yang seperti apa yang membuat kita berani untuk melakukan yang pertama itu.

Semuanya berkaitan dengan keinginan. Ya, keinginan. Karena tidak akan terjadi sesuatu hal itu jika dalam diri kita tidak ada keinginan yang mendobrak rasa takut atau rasa ragu atau bahkan rasa parno yang biasanya hanya numpang lewat kurang penting dalam kehidupan kemajuan proses menjalani sesuatu hal. *ah apa sih ini bahasa*
Siapa yang gak hafal betul sama kata-kata, “you will never know if you will never try”, “there is a way if there is a will”, ya dan berbagai macam quote-quote membangun lainnya yang saat kita membacanya akan ada sedikit tersirat rasa untuk mencoba maju, walaupun sedikit ya tapi tetep aja ada kan lumayan daripada gak sama sekali. Tapi yang jadi permasalahannya disini adalah, terlalu banyak kata tapi, ya kaya awal kalimat saya tadi ada tapinya. Tapi nanti gimana, tapi nanti harus ngapain, tapi kalau gitu gimana, tapi kalau ini gimana, tapi hasilnya bakal banyak yang suka apa gak, tapi kalau berdampak buruk gimana. Aaaah pokoknya banyak penghalang, Cuma gara-gara satu kata tapi itu. Saya pun termasuk orang yang seperti itu sih, *ya maaf deh jadi curcol sedikit*

Tapi tau gak sih sebenernya itu, ya tuh kan pake kata tapi lagi, ya mau gimana lagi lah, anggap si tapi ini icon anak muda jaman sekarang yang lagi up to date banget dan kalau gak di pake bakalan disebut gak gaul, *ah apa sih jadi kemana-mana*. Jadi gini, balik ke topik. Menurut pengalaman pribadi nih yah, memuai sesuatu, untuk melakukan pertama kalinya memang gak gampang. Apa sih di dunia ini yang gampang di kerjain? Iya saya tau semuanya gampang di kerjain sebenernya kalau ada kemauan, iya kan? Nah disini masalahnya kebanyakan dari kita susah banget numbuhin rasa kemauan yang tinggi di iringi rasa penasaran juga mungkin tambahan rasa stroberi dan mint biar jadi manis-manis dingin gitu, *ya mulai ngelantur lagi*. Saya ngerasain sendiri nih, untuk memulai sesuatu itu sebenernya di awali dengan niat, ya tuhan aja nyatet niat baik kita walaupun gak di kerjain, berarti betapa wah nya si niat itu yah, *kalau ketemu saya bakal minta tandatanan mungkin sama dia*, karena tanpa diawali dengan si niat itu segala sesuatu gak akan mungkin terjadi walaupun kadang ada yang terjadi secara spontan, uhuy, *ya itu sih komeng yah yang berjaya pada masanya*.

Kalau niat itu udah ada, kemauan udah ngumpul semua gak ada yang berceceran, lingkungan yang mendukung, suasana yang pas dan mungkin fasilitas yang memadai, maka itu akan dengan mudahnya dilakukan, apalagi untuk ukuran yang pertama pasti bakal excited banget. Rasa males biasanya ikut-ikutan juga nih menghantui, layaknya seseorang yang lagi di mabuk cinta, pasti tiap malem dia di hantui sama bayangan gebetannya itu, ya ntah gebetannya memang  punya wajah se cute morgan smash jadinya kebayang-bayang trus atau seserem tante kunti jadinya malah nakutin, ya itu tergantung anda yang menyikapinya. *ih apa deh ini ceritanya lagi ngelucu?*. Mungkin yang namanya males ini harusnya jadi musuh semua orang yang mau maju di dunia ini, tapi kenapa eh kenapa malah banyak yang temenan sama si males satu ini, bahkan si males ini mungin temennya lebih banyak dari saya yang dimana saya juga kadang mau temenan akrab sama males, *yah malah jujur jadinya kan ini*

Niat udah ke kumpul penuh, tinggal ready to go, tapi eittt tiba-tiba adaaa aja yang ngehalangin, ntah apapun itu ya namanya juga hidup kan yah ada aja tantangannya, ada aja ujiannya, ya semata-mata cuma buat nguji aja seberapa besar keinginan kita untuk melakukan sesuatu hal itu, seberapa besar pengorbanan kita untuk sukses meraih sesuatu itu, dan seberapa rela kita melepaskan sesuatu yang udah kita punya demi mendapatkan sesuatu yang lebih baik lagi, ya disini memang jelas banget naluri manusia sebagai makhluk yang gak pernah puas muncul. Tapi itu juga kan demi kebaikan diri kita sendiri juga, namanya juga orang mau maju, mau berubah, dan tentunya ke arah yang lebih baik lagi.

Susah banget buat coba ngelangkah, tapi tau gak sih gimana rasanya saat kita udah mulai nyoba mau gak mau untuk maju, untuk ngelawan semua pikiran atau anggapan negative tentang suatu hal yang belum pernah kita lakuin sama sekali sebelumnya yang bakal jadi pengalaman pertama kita. Biasanya kalau udah kaya gini masalahnya, harus ada dorongan motivasi atau gak mungin sedikit inspirasi yang jadi acuan untuk ajang pembuktian diri pada akhirnya. Ini berdampak cukup berhasil lho buat saya, termotivasi oleh sesuatu itu seru banget jadinya, jadi tertantang, jadi semangat, jadi pengen ngelakuin hal tersebut sebagus mungkin, apalagi kalau semua ini berhubungan sama passion yang udah kita punya, nilai plus sih ini yang bakal kita dapet, seenggaknya kalau belum buat hasilnya ya buat keinginan dan proses usaha yang udah berani kita lewatinlah, karena kalau kata orang-orang itu dalam hidup yang paling penting itu bukan hasil yang dicapai tapi apa aja usaha yang kita lakuin untuk mendapatkan itu, hal apa aja yang kita temu dalam perjalanan menuju itu i, dan ya semua itu berhubugan dengan proses dan berbagai macam pelajaran yang bisa kita ambil. Dan ya, saat kita berhasil ngelewatin fase takut mencoba dan membuang jauh-jauh rasa takut gagal, rasanya tuh kaya beres naik Histeria di dufan, iya gak sih? Apa itu mungkin perumpamaan saya aja kali ya, ya angap aja leganya kaya baru beres panggilan alam deh. *jangan dibayangin yah muka ngedennya*

Setelah itu pasti dengan gampangnya bilang, yaelah gini doang ternyata, gak sesusah yang dibayangin, gak sejelek yang di perkirain situasinya, gak seribet yang dipikirin, dan ya segala sesuatunya lah apapun itu yang sempet menjadi asumsi kita untuk sulit dan susah memulai untuk melakukan sesuatu itu, apalagi untuk yang pertama kalinya. 

Karena di akuin, memang gak jarang juga pengalaman pertama itu bakal jdi pengalaman yang terakhir juga gara-gara efek yang di dapet atau mungkin hasil yang ada gak sesuai harapan atau memang justru yang paling di hindarin, tapi ya apalah arti itu semua kalau kita pada awalnya gak berani nyoba dan ngedobrak paksa rasa pikiran-pikiran negative yang ada di otak. Seenggaknya kan udah nyoba, seenggaknya gak cupu-cupu amat gitu kalau mungkin ntar ngobrol sama temen-temen tentang pengalaman melakukan hal baru untuk pertama kalinya dan berdampak baik atau buruk, haslilnya kan untuk kehidupan kita selanjutnya juga setelah akhirnya berani berhadapan dengan pengalaman pertama. Kata-kata terakhir saya itu cukup menarik yah, pengalaman pertama.

Biasanya sih segala sesuatu yang baru pertama kali ada, baru pertama kali di coba, baru pertama kali diliat, baru pertama kali dibuat, atau berbagai macam sesuatu yang baru pertama kali itu rasanya tak terlupakan, ya gitu katanya sih kata orang-orang, saya juga berpendapat gitu, tapi buat hal-hal tertentu juga sih, karena kadang pertama gak cukup berkesan untuk di inget, malah justru kadang cenderung ke malu-maluin atau nyebelin, *eh ini bukan curcol lho*. Tapi ya tetep aja namanya juga yang pertama, kalau inget hal itu pasti yang ada di benak kita cuma, terimakasih karena udah ngajarin sesuatu hal, ya itu sih kalau orang yang mikir sih yah, gak sedikit juga soalnya yang malah marah-marah gak jelas karena ngeluh kenapa itu harus terjadi sama dia, atau gak ya mugkin ngeluh mending gak usah terjadi sama sekali. Ya saya sih nanggepinnya orang yang kaya gitu cuma orang yang lagi di kuasain aja emosinya atau mungkin memang belum cukup umur untuk menghadapi masalah yang sebenernya gak akan jadi masalah kalau kita gak ngebikin itu jadi suatu masalah, anggep aja pelajaran, pelajaran hidup. *Ah sok berat ini bahasanya*.

Ya apapun pendapat dan solusi tentang pengalaman pertama dalam melakukan sesuatu hal itu memang semuanya tergantung individu masing-masing, tergantung gimana cara pandangnya, cara melewatinya, cara menikmatinya, cara mengatasinya dan  berbagai cara-cara lainnya deh. Tentu aja setelah itu semua di lewatin , sadar atau gak sadar bakal banyak hal-hal yang gak kita pikirin sebelumnya setelah kita mencoba untuk melakukan sesuatu hal tersebut untuk pertama kalinya itu. Ya kalau gak ada yang pertama gimana kita bisa maju ke yang kedua ke yang ketiga dan ke yang selanjutnya? Toh langkah awal itu menjadi sesuatu yang sangat penting dalam perjalanan hidup seseorang kan, ntah melangkah untuk melakukan sesuatu yang baik untuk dirinya sendiri namaun berdampak buruk untuk orang lain atau pun sebaliknya. Intinya segala sesuatu itu harus ada langkah awalnya kan? Gak akan ada tuh yang namanya finish kalau pertamanya gak ada yang namanya start, gak akan ada yang namanya berhasil kalau gak di awali dengan kata mulai.

Makanya ayo mulai lah melakukan sesuatu hal yang menarik untukmu, untuk kehidupanmu, untuk orang-orang sekitarmu, apalagi kalau kamu yakin itu akan berdampak positif juga berpengaruh penting untuk kesuksesan hidup kmu ke depannya, tunggu apa lagi? *Ini sambil ngomong ke diri sendiri sebenernya*. Jadilah yang pertama yang merasa bangga dengan apa yang diri kmu sendiri lakukan, karena memang itu yang seharusnya, jadilah yang pertama untuk membuktikan pada dunia bahwa kmu bisa, bahwa segala sesuatunya akan terasa lebih melegakan kalau kita udah mencoba itu, mau hal yang kata orang jelek tapi menurut kmu baik, ya gak apa-apa coba aja. Toh gak ada salahnya kan? Toh setelah itu kmu bakal tau kan kenapa alesan orang bilang kalau itu jelek buat kmu? Atau malah nemu titik terang ternyata hal yang kata orang bilang jelek itu menurut pandangan kmu gak sejelek itu, malah kmu bisa mengambil sisi indah dari sesuatu yang menurut pandangan orang itu jelek. Jadi, melawan rasa takut untuk mencoba itu gak senakutin kmu buat ikut uji nyali nya hari panca kok. *Ah ya bisa aja saya ngomong gtu ke orang karena saya memang gak pernah berani nyoba itu, ya untuk takut yang satu ini harap maklum.*

Oh iya ini juga tulisan saya yang pertama lho, sombong ah, biarin ah gak apa-apa norak. Biasanya rata-rata gitu memang orang-orang yang baru pertama kali ngelakuin sesuatu hal suka jadi norak. Jadi suka dikit-dikit nyeritain ke temen-temennya lah, atau sok-sok an bangga sama diri sendiri lah padahal sebenernya biasa aja, atau positifnya sih jadi ketagihan buat terus ngelanjutin samapai ke bagian kedua ketiga dan seterusnya ntah sampe ke berapa juta puluh ribu. *Ya, ini lebay*. 

Biasanya ada keinginan menulis itu karena teralu sering melihat tulisan, bacaan, ungkapan, pendapat atau apapun itulah yang berupa kumpulan kata-kata dari huruf-huruf yang sebenernya cuma terdiri dari 29 biji tapi bisa menghasilkan jutaan ribuan bahkan ntah berapa banyaknya karya-karya tulis bagus nan indah nan keren nan apalagi deh pokoknya yang oke banget buat di baca. Ya saya bukan ahli kata-kata seperti para penulis professional atau bahkan pujangga yang bisa mengibaratkan sesuatu hal dengan hal lain yang sangat pas. *Tuh kan liat, apa deh kata-kata saya itu suka sok-sok an mau bagus tapi malah jadinya aneh. Oke, harap maklum*.

Dari dulu, ntah pasnya dari kapan, saya suka banget baca novel. Ya mugkin dari jaman SMP kali ya, macem-macem teenlit berantakan di took-toko buku, berceritakan kisah cinta anak muda. Hemm.. anak SMP mana coba yang gak tertarik sama cerita-ceritanya yang selalu berakhir bahagia. Ya semua juga gitu sih, tapi mungkin gak semua tertarik sama cerita ketebak kaya gitu, tapi ya buat saya itu cukup menariklah. Jaman SMP dulu yang notabene nya  masih bau-bau SD, cerita-cerita kaya gitu seru banget. Biasanya tiap jalan-jalan ke mall, suka nyempetin mampir ke toko buku, kali aja ada novel baru keluar atau novel laris yang belum sempet saya baca, belum sempet saya beli. Eh iya setelah di inget-inget, waktu SD juga saya udah suka baca-baca gitu, baca komik tapi. Kumpulan komik saya juga banyak macemnya, dari komik lucu, komik detektif, serial cantik, dan jenis-jenis lainnya lah. Yang tapi pada akhirnya di loakin ke tukang loak atau di kasihin ke sepupu-sepupu saya yang masih pada kecil. Ah padahal dulu waktu mau beli komik itu harus ngumpulin duit sendiri, atau kalau itu pun di beliin mamah ya komiknya harus komik yang gak mengandung unsur berbahaya untuk anak kecil, ntah mungkin maksudnya yang komik gak mengandung api kali yah. *Ya kali deh main-main deket kompor. Ya udah cukup intermezzo nya.*

Saya cuma pengen coba gitu merangkai kata-kata dari huruf abjad yang ada yang cuma 29 itu jadi sesuatu yang bermanfaat buat saya yang nulisnya, yang ngetik mungkin yah lebih tepatnya, juga buat orang yang bacanya, ya kalau ada yang ikhlas mau baca itu juga sih. Apa salahnya mencoba, iya kan? *sok iyeh nya keluar*. Kalau lagi kaya gini ya jangan banyak nanya, ya tinggal mulai aja. Mulai. Ya satu kata itu yang saya dapet dari seorang penulis yang sempet saya Tanya di twitter tentang tips dan trik untuk nulis. Dan ya benar, ini saya udah mulai daritadi dan udah menghasilkan 4 lembar. Walaupun ntahlah saya ngebacot apa daritadi, yang penting udah mulai nyoba, kalau masih ada yang jelek juga ya wajarlah yah namanya juga baru pertama. Nah ini pembetulan yang menarik juga nih tentang melakukan sesuatu hal yang pertama kalinya, kalau kita salah, orang-orang pasti maklum dan paling cuma bisa bilang, “gak apa-apa, namanya juga baru pertama kali, wajar kalau salah, tapi jangan lupa juga untuk tanya-tanya sama orang yang udah berpengalaman untuk hasil yang lebih baik lagi yah, biar kesalahannya gak di ulang lagi”. Lho tapi iyu kok kerasanya panjang bener yah nasihatnya, kita yang denger paling cuma bisa cengengesansambil bilang, “iya makasih”, singkat.

Kalau yang sekarang saya mau cerita tentang sesuatu, iyalah sesuatu, tapi mungkin akan menyambung pada seseorang, ya liat aja nanti huruf-huruf ini akan membawa saya kemana. Iya itu kata-kata saya mirip sebuah judul lagu kontrversial, mau dibawa kemana? *Eitts udah jangan diterusin, ntar malah ada yang numpang curcol lagi. Eh bukan saya itu, mungkin yang lain.*
Jadi gini, baru-baru ini saya baru merasakan pengalaman pertama tentang sesuatu hal yag ternyata malah mengajarkan saya banyak hal. Pengalaman ini menyangkut seseorang juga, ya namanya juga hidup yah pasti apa yang terjadi bakal ada hubungannya sama orang lain. Anak muda gak akan jauh sama yang namanya jatuh cinta, ya bosen memang dengernya, tapi ya mau gimana lagi, kalau yang satu ini memang gak sengaja lagi ada hubungannya sama satu kata ajaib itu.

Pernah berterimakasih karena sesuatu hal terjadi di luar ekspektasi kita sebelumnya? Pernah kesenengan pengen bilang makasih ke suatu tempat terntentu atau suasana tertentu ternyata tempat tu atau situasi itu menciptakan suatu hak yang belum pernah terpikirkan sebelumnya dan ternyata terjadi jauh lebih indah dari pada yang di duga? Ya, saya rasa banyak orang yang akan setuju tentang hal itu. Kejadian yang terjadi malah kadang sebenernya cenderung ke negative atau kata orangtua sih berdampak buruk bagi anak muda. Ya apapun itulah tapi tetep aja menurut anak muda yang mengalami itu sendiri mugkin cuma bilang, “ini seru!”. Karena gak jauhdari topic awal yang saya bahas, ada pelajaran penting yang bisa kita dapetin dari itu, dari pengalaman pertama itu. Tentang apa dan bagaimana hal itu bisa terjadi dan langkah selanjutnya yang bagaimanan yang harus kita ambil untuk hal tersebut ke depannya agar bisa menjadi sesuatu yang lebih spektakuler lagi atau bahkan untuk tidak di ulaginya lagi dan di simpan sebagai belajar dari kesalahan. Ya kata slogan salah satu produk deterjen juga, “gak ada noda ya gak belajar”, kalau kita gak pernah salah ya gak akan pernah tau kapan kita meras benar melakukan sesuatu. Setuju kan?
Jadi gini, saya.. eh iya ini pengalaman pribadi, maaf lho, ceritanya kan berbagi cerita, siapa tau ada pelajaran yang bisa diambil dari cerita saya yang mungkin kurang penting ini, atau mungkin ada hal bodoh yang saya lakukan di cerita ini yang jangan sampai dilakukan oleh orang lain yang membaca cerita ini.

Singkat cerita…
*ya anggep aja saya tadi udah cerita yah tentang sedikit pengalaman pribadi saya*
Jadi kalau di ambil kesimpulan dari apa yang saya alamin, seseorang itu dalam menghadapi masalah pasti punya caranya masing-masing, ya karena itu juga kan tergantung dari pola pikir, cara pandang juga sama masalah apa yang lagi di hadapin. Kalau masalah cinta? Yang baru pertama kali di alamin? Ya sama juga sih kalau kata saya, paling masalah cinta gitu-gitu aja. Walaupun baru yang pertama terjadi sama kita, ya seenggaknya kita pernah dengerlah cerita orang yang kurang lebih sama, tapi ya cara ngatasnnya tentunya yang harus beda. Iya gak? Malah justru ada beberapa orang yang terlalu lebay pas ngadepin masalah cintanya masing-masing, kalau kata orang sih terlalu di bawa perasaan aja, sebenernya itu cuma kita nya aja yang memperbesar masalah dengan terlalu mikirin yang sakit-sakitnya aja, jadi rasanya sedih terus, rasanya dia yang paling terpuruk ataupun perasaan gak banget lainnya lah. Dan ya saya juga pernah di posisi kaya gitu, tapi itu dulu, tapi itu udah pernah saya lewatin, dan liat saya sekarang, sehat walafiat Alhamdulillah. 

Biasanya ada beberapa orang yang bisa lho berubah dalam menghadapi satu masalah dengan tema masalah yang sebenernya sama. Maksudnya ntah jadi lebih dewasa apa lebih childish gtu. Kenapa coba bisa gitu? Ya kalau kata saya sih itu semua karena keadaan, iya gimana keadaan, gimana situasi kondisi yang di hadapin pada saat itu, juga yang pasti orang tipe apa yang jadi masalah itu sendiri. 

Katanya orang itu harus salah dulu harus kena batunya dulu untuk bisa belajar dari kesalahan atau untuk bisa berpikir dewasa dalam ngadepin masalah-masalahnya, memang bener sih. Tapi dengan belajar dari kesalahan orang lain tanpa kita harus melakukan kesalahan itu dulu, bakal jadi poin yang lebih baik lho, coba aja pikirin lagi. *saya kasih waktu 10 menit buat mikir, eh kelamaan yah* Saya bisa ngomong gini juga berkat cerita yang di kasih dosen kewarganegaraan saya di kampus, waktu itu dia lagi cerita tentang bagaimana Negara-negara maju bisa berdiri dari keterpurukannya dengan belajar dari pengalaman kegagalan Negara lain yang pada masa lalu pernah mengalami masalah atau kehancuran dalam negaranya namun bisa dan bangkit bahkan menjadi Negara yang lebih hebat daripada Negara kita ini. *Duh ternyata malah jadi terlalu serius ya bahasannya.*
Ya itu cuma buat kilasan aja, dosen saya ada benernya juga yah. Kenapa kita harus ngelakuin kesalahan yang pernah orang lain lakuin juga yah? Padahal kan jelas-jelas kita udah liat dia gagal, nah justru itu itu tuh bonus yang di kasih tuhan secara cuma-cuma buat jadi pelajaran, kita jangan sampe kaya dia, kita langsung cari tau solusinya untuk bangkit. Tapi ya gak munafik juga memang rata-rata malah kita ngelakuin hal yang sama kaya orang lain itu dan baru bisa bangkit tapi itu juga belum tentu bangkit menjadi lebih baik, bisa aja malah stuck di satu titik itu dan gak ngambil pelajaran dari kegagalannya itu, malah lebih terpuruk. Ya itulah kita, kadang saya juga bingung kenapa bisa harus sampai serumit itu ya untuk maju dan bangkit jadi yang lebih baik lagi, sampe-sampe kadang ngebayanginnya aja udah kerasa susahnya. Ah atau memang kita nya aja yang males, mungkin, ada benernya juga. 

Itu nasihat seriusnya yah, yang biasa saya denger dari orang-orang. Ya itulah seninya mendengar, banyak sekali berbagai macam pendapat dari berbagai macam latar belakang yang seru buat di banding-bandingin, ya dibandinginnya buat sekedar referensi atau buat patokan aja sebenernya yang mana yang paling sesuai sama kita dan mana yang paling bijak, terus kita kaji deh buat cari titik temunya buat ngatasin sebuah masalah dengan solusi yang pas takarannya, gak ada yang keberatan atau pun ngerasa di rugiin. Ya kalau keberatan dosa sih beda lagi itu, ya urusan sama tuhan kalau itu. *Ya iklan aja ini sih numpang lewat* 

Sekarang ini saya lagi kaya dihadapin sama masalah yang biasa dijumpai anak muda lainnya di kehidupan yang serba complicated. Ya kaya judul lagunya Avril Lavigne beberapa tahun yang lalu, atau kaya status-status relationship orang di Facebook? Apapun itu, katanya hidup itu simple, yang bilang itu complicated ya cuma kita, kita yang sok-sok an ngegedegedein masalah kaya yang udah saya bilang di atas, seolah-olah kita yang paling menderita padahal masalah kecil biasa, mungkin cuma masalah putus cinta, sepele, se sepele ikan lele. *Ah apa coba kan mulai garingnya*. 

Lucu yah ketemu sama orang baru yang ternyata bisa ngerubah pola pikir kita akan suatu hal, atau cara pandang kita terhadap suatu hal. Ketemu sama orang baru pasti ada pengalaman baru yang di dapet juga. Misalnya cara pandang kita tentang hal tertentu, sebenernya hal itu sering kita ketemuin kemarin-kemarin sebelum ketemu orang ini, tapi setelah ini kenapa kita bisa nyelesein atau ngadepin masalah ini dengan cara yang beda yah, dengan cara yang lebih dewasa untuk di selesein. Jadi ini tuh semua karena kehadiran orang baru itu? Atau mungkin cuma suggest aja, ala dedy corbuzier, eh apa romy rafael yah? Yah siapapun itu, apa mungkin cuma kebetulan? Cuma tuhan yang tau. *Cieee gaya gak tuh bawa-bawa tuhan, oopps sorry tuhan saya gak maksud ngajak becanda.* 

Tapi seiring bertambahnya usia, berjalannya waktu, berkembangnya pola pikir, gak aneh kalau seseorang itu bisa berubah, ya memang gak aneh kok. Kita kan hidup itu berkembang, ada proses, untuk jadi yang lebih baik tentunya, dengan segala macam ujian juga di dalamnya , yang semata-mata apakah kita memang pantas untuk menjadi orang yang jauh lebih baik lagi dengan diberikan beberapa ujian dalam proses pendewasaan diri tersebut. Ya, hidup itu kan sama kaya sekolah, ada belajarnya, ada ujiannya, ada naik kelasnya. Sehari-hari kita di ketemuin sama berbagai macam hal, nah itu pelajarannya. Kadang gak di duga, kita nemuin halangan dalam mengerjakan sesuatu, nah di situ ujiannya. Begitu kita usaha untuk ngelewatin halang rintang itu demi mencapai tujuan yang lagi kita usahain itulah salah satu proses untuk naik kelas. 

Saya selalu punya sebutan yang menyejukkan hati tiap ngucapin ini sama salah satu sahabat terbaik saya sejak SMP, tuhan itu maha baik. Ya, bener kan? Siapa yang gak setuju sama pendapat saya itu, eh itu bukan pendapat lagi malah, justru itu kenyataan. Iya kan bener kan baik banget, segala sesuatu yang terjadi di hidup kita itukan buat kebaikan kita juga, walaupun menurut kita itu jelek atau menurut kita itu semua caranya gak asik dan gak seharusnya terjadi atau apapun komentar-komentarnya tapi yang pasti semuanya sebenernya itu yang terbaik yang memang seharusnya terjadi. Semua itu indah pada waktunya, menurut salah satu judul lagu. *lumayan tuh buat mood booster kalau lagi down* Kadang apa yang kita mau gak selalu sama dengan apa yang kita butuhin, atau jangan-jangan apa yang kita butuhin itu memang selalu sama dengan apa yang kita mau? Pendapat saya sih setuju sama yang pertama, yang kedua itu cuma maunya kita aja. 

Kalau disambungin sama apa yang lagi di alamin saya sekarang, liat nih saya gak pernah minta untuk di ketemuin sama orang baru satu ini, dengan cara yang seperti ini, dan dengan rahasia-rahasia tuhan lainnya yang belum terungkap, akan ada pelajaran atau kenangan apa yang bisa saya ambil dari ini semua. Untuk sekarang, ada beberapa hal yang udah saya pikirin mungkin inilah tujuan tuhan mempertemukan saya sama orang baru satu ini. Yang saya tau, sebenernya gak tau-tau amat sih cuma kira-kira aja, saya juga belum kenal betul sama orang satu ini. 

Kayaknya dia orang yang perfeksionis, idealis, dan punya keinginan yang kuat banget demi tercapainya cita-cita yang jadi angan dan harapannya juga dia orang yang sangat detail dalam membahas suatu hal. Si orang baru ini orang yang punya rencana yang bukan hanya di tinggal sebagai rencana atau hanya sekedar resolusi, tapi juga aksi. Ya saya yakin dibalik semua yang dia kerjain sekarang ini dibelakangnya ada visi dan misi yang secara matang dia pikirin apa dan bagaimananaya untuk dia bisa menggapai dengan segala kemampuan luar biasa yang dia punya. Apa mungkin juga dia seorang pemimpi? Pemimpi yang bukan hanya sekedar bermimpi kemudian terbangun dan lupa untuk mewujudkan mimpinya dan meninggalkan mimpinya hanya sekedar menjadi bunga tidur, bukan, dia bukan pemimpi seperti itu yang saya liat. 

Mimpi itu kan semacam motivasi yah, semacam dorongan yah. Kalau kita bisa memimpikan hal tersebut, kenapa kita gak bisa mewujudkannya coba? Iya gak? Makanya tuhan mengizinkan kita untuk bermimpi seindah mungkin atau mempunyai cita-cita setinggi langit, itu semata-mata hanya untuk membuat kita percaya. Karena saya percaya, kalau kita percaya sesuatu hal itu mungkin terjadi di hidup kita, maka hal itu mungkin saja bisa terjadi, asalkan percaya. Kepercayaan itu akan timbul dari pikiran kita, dari otak yang mengeset agar kita selalu berpikir positif tentang segala sesuatu hal, tentang keberhasilan tentunya. 

Mungkin nih yah, cuma tebak-tebakan aja, mungkin tuhan menakdirkan saya ketemu si orang baru ini untuk menjadikannya contoh, untuk menjadikannya salah satu potret yang bisa di jadikan acuan, bisa di jadikan salah satu semangat dan alasan untuk bisa menggapai sesuatu. Dengan berbagai macam hal yang telah di raihnya, kesuksesan di bidangnya, tentu itu semua gak mungkin dong di dapetnya cuma dengan leha-leha santai di rumah atau males-malesan kuliah. “if he can do it, then why I cant do it too?”, ya itu yang jadi pecutan buat saya, mamah saya juga sering banget ngasih nasihat itu, misalnya kalau kita lagi nonton berita atau baca artikel tentang kesuksesan seseorang. Mereka-mereka itu juga bisa kaya gitu dengan usaha kok, gak instan tinggal tring kaya jinny oh jinny yang bisa ngilang kapan aja. *eh ngomong-ngogmong fil itu apa kabarnya? Oke kenapa jadi malah nyambung kesini? 

Menurut saya, yang paling penting dalam hal ini adalah mind set otak masing-masing. Siapa yang setuju sama pendapat saya yang satu ini, coba ngacung! *iya udah ngacungnya jangan terlalu tinggi yah, nanti ada bau yang kurang sedap*. Otak itu bekerja mempengaruhi apa yang di kerjain badan kita lho, kalau kata otak lari, ya badan kita bakal lari, kalau otak kita bilang kita sakit, ya badan kita bakal kerasanya sakit, karena otak itu pusat dari diri kita, dia yang ngejalanin badan kita ini. Tapi inget, kita sendiriah yang jadi bos untuk otak kita sendiri, kita yang atur, kita bukan robot yang main iya-iya aja ngangguk kalau disuruh, tapi kita punya otak itu untuk di pake mikir, tau bedain mana yang bener dan mana yang salah. Tau harus dengan cara apa untuk menggapai suatu harapan dan cita-cita. 

Jadi, belajar untuk ngeliat segala sesuatunya secara positif juga kunci untuk membuka gerbang awal menuju kesuksesan lho, ini sih argument saya aja. Toh mikir positif juga gak dosa ini kan? Jadi gak ada salahnya dong. Walaupun gitu kita tetep kok di bolehin buat mikir negative, ya itu semata-mata cuma buat jadi kemungkinan terburuk aja biar kita gak terlalu terlena dengan yang bagus-bagus, biar kita persiapan juga untuk hal terburuk yang mungkin terjadi, tapi inget, itu bukan menjadi yang utama. Toh kan katanya kita lagi dan udah usaha, kemungkinan teburuk ya mungkin cuma sekedar gak sesuai dengan yang di harapkan kan? Tapi kalau dari awal kita memulainya dengan pikiran positif, dengan usaha semaksimal mungkin, dengan doa sekhusyu mungkin, dan dengan menikmati proses menuju target dengan hati yang tenang, insyaallah hasil yang mungkin nanti tidak sesuai harapan itu akan sedikitnya terobati dengan apa yang sudah di perjuangkan sebelumnya, karena seperti yang pernah saya bilang, hidup itu kan tentang proses sebuah perjalanan. Yang berharga dari sebuah perjalanan, perjalanan apapun itu, kan saat berlangsungnya, apa yang bisa kita liat rasakan dan hal lainnya yang kita temui di perajalanan itu. Maka di situlah berbagai macam pelajaran hidup bisa di dapat dengan segala kejutan indah dan tak terduganya, yang kita butuhkan hanya tetap untuk bersyukur kepada tuhan atas segala sesuatunya yangbisa membentuk kita menjadi orang yang seperti sekarang ini. 

Namun, tak jarang juga dari kita banyak yang mengeluhkan tentang hasil yang tidak sesuai dengan harapan atau yang di inginkan. Saya juga gak munafik kok, kadang kalau saya ada di posisi itu juga pasti ada rasa kesel, cape, marah, dan emosi-emosi lainnya yang akan jauh dari kata bersyukur. *rasanya pengen garuk-garuk aspal* Semoga aja tuhan bisa maklum yah saat kita sedang ada di posisi itu, namanya juga manusia, menyebalkan. Ini berarti ada hubungannya kan yah sama yang saya bilang sebelumnya, saat yang kita inginkan mungkin saja tidak sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Mungkin obsesi dan cita-cita yang kita perjuangkan mati-matian itu bukan yang terbaik untuk kita, atau memang belum saat yang tepat terjadi di hidup kita saat ini. Di sinilah pelajaran tentang berpikir positif yang harus kembali di tumbuhkan. *yuk siram yuk di pupuk pake pupuk unggul, ya kali tanaman* 

Waktu kecil dulu, sering dong di bikin kesel sama mama atau papa karena kita gak di bolehin main inilah, atau gak di bolehin pergi kesanalah, dan berbagai larangan lainnya. Kata mereka, itu semua buat kebaikan kita juga. Nah itu dia yang menjadi alibi. Itu semua terjadi karena cara pandang yang berbeda, pola pikir yang tidak sesuai satu sama lain diantara keadaan yang sedang di hadapi. Kita ini hidup bukan sendiri, kita ini manusia, sejak SD udah di ajarin kalau manusia itu makhluk sosial yang butuh temen. Makhluk sosial, berarti kita hidup di situasi yang di dalamnya terdapat beraneka ragam macam jenis apapun jug, yang pasti berbeda satu sama lainnya tapi tetap harus hidup bersama dalam satu lingkup. Ya seperti semboyan Negara kita, Bhineka Tunggal Ika. *Merangkap jadi guru ppkn nih gini ceritanya.* 

Waktu belajar biologi, pernah dong denger kata beradaptasi dengan lingkungan agar bisa bertahan hidup. Itu sih ditujukan buat binatang-binatang yang tempat hidupnya berbeda-beda tiap spesies dan memang harus bisa beradaptasi dengan spesies atau jenis binatang lainnya agar bisa tetap bertahan hidup. *Oke, sekarang saya malah merangkap jadi guru biologi sok-sok an, padahal SMA aja jurusan ips.* Itu cuma sekedar perumpamaan ringan aja, kita juga makhluk hidup kan, sama kaya binatang-binatang itu, malah lebih istimewa karena punya otak dan akal pikiran, harus lebih bisa beradaptasi dengan lingkungan kalau mau bertahan hidup, kalau mau diakui keberadaannya, kalau mau berkembang. 

Jadi, kita gak bisa seenaknya memaksakan kehendak kita ke orang lain, ke temen kita misalnya waktu lagi nentuin mau makan dimana atau mau nongkrong-nongkormg ngopi dimana. Boleh aja kita ngasih pendapat tapi ya kalau di situ ada lebih dari dua orang, ya harus di musyawarahin mana suara terbanyak atau dengan pertimbangan yang lebih adil lagi. Balik lagi, intinya kalau kita bisa beradaptasi atau menyesuaikan dengan keadaan sekitar, masalah apapun yang di hadapin pasti lebih gampang di selesein, keadaan yang tadinya gak sesuai dengan yang di harapkan pasti dengan gampangnya di mengerti kenapa itu harus terjadi kalau sedikitnya sudut pandang kita di sesuaikan.

Kenapa semua jadi ngelantur gini yah? Kan ceritanya saya lagi cerita tentang orang baru yang sedikitnya udah ngerubah pola pikir saya itu kan. Oh yah yang tadi saya bacotin itu ya mungkin sedikitnya hasil yang saya dapet dari pertemuan orang baru itu. Dia bikin saya ngeliat sesuatu hal dengan cara pandang yang beda. Ya pokoknya saya ngerasa lebih dewasa aja setelah ketemu dia, walaupun gak ada masalah yang gimana-gimana banget sih, cuma kerasa aja perbedaannya.
(terima kasih untuk kmu yang udah jadi inspirasi tulisan ini, seperti biasa yang sering aku bilang, you’re awesome) <3

No comments:

Post a Comment